6 Manfaat Kerodong Bagi Kesehatan Burung Lovebird

kerodong lakbet
kerodong lakbet
Burung Lovebird merupakan burung kicauan yang beraneka macam warna dan sangat indah. Untuk para penghobi burung, banyak yang menggunakan kerodong tetapi hanya untuk melindungi burung dari angin.

Baca juga 11 Cara yang Benar Merawat Lovebird Agar Cepat Gacor

Mengapa Burung Lovebird perlu dikerodong ?

Cukup banyak fungsi kerodong untuk burung kicauan, terutama untuk burung yang siap untuk dilombakan. Hanya saja tidak semua tipe kerodong dikatakan layak sebagai kerodong burung. Karena syarat kerodong yang baik adalah tiap kerodong harus bisa membuat Burung Lovebird tenang serta merasa terlindungi di dalamnya dan dapat mendapat suplai udara dengan baik.

Kerodong yang baik yaitu memakai kain transparan, yang tidak terbuat dari kain yang terlalu tebal maupun tipis. Hal itu cocok dengan sifat burung yang senang dengan situasi tenang, sehingga apabila diberikan kerodong dari kain yang tidak tebal cahaya dari luar tetap mudah masuk ke dalam dan burung tetap dapat melihat situasi di luar kandang.

Memberikan kerodong yang tidak terlalu tebal membuat Burung Lovebird lebih nyaman. Namun apabila kerodong sedikit tebal dapat membuat kandang menjadi gelap, sehingga burung lebih senang beristirahat dan menjadi malas makan. Apabila hal ini semakin lama terjadi akan mengakibatkan kondisi burung mengalami penurunan serta malas berbunyi.

Baca juga Beli 15 Juta Sempat Macet, Kini Lovebird Gareng Menjadi Buruan Sang Big Bos

Warna kerodong juga berpengaruh pada Burung Lovebird, maka dari itu pilihlah warna yang tidak terlalu mencolok atau terlalu gelap. Contoh warna yang disukai Burung Lovebird adalah hijau muda, kuning muda, biru muda atau yang lainya.

Untuk menguji apakah kerodong baik untuk burung adalah dengan mengerodongkan dikepala Anda, dari dalam kerodong Anda dapat melihat keluar kerodong atau tidak, bila Anda bisa melihat keluar dengan jelas berarti kerodong itu cukup bagus untuk burung Lovebird.

Baca juga Bongkar Rawatan Lovebird 3 Menit Jawara Lintas EO


Apa manfaat kerodong untuk Burung Lovebird?

  1. Menghangatkan suhu di dalam kandang
  2. Menjaga Burung Lovebird agar tidak stres
  3. Mencegah burung dari gangguan binatang lain yang dapat mengganggu kesehatannya
  4. Kerodong sebagai hiasan kandang
  5. Mencegah burung terkena hujan dan cuaca buruk
  6. Mencegah burung kepanasan dan merasa nyaman saat dibawa kemanapun

kerodong burung
kerodong burung
Baca juga Trik Dan Tips Cara Menghasilkan Warna Bervariasi Burung LoveBird


Penjelasan manfaat kerodong untuk lovebird :

Menghangatkan suhu di dalam kandang

Ketika Anda menjemur Burung Lovebird, maka kerodong bisa digunakan untuk membantu mempercepat proses pemanasan dan penghangatan suhu di dalam kandang. Menjemur burung juga merupakan kebiasaan baik yang dapat membantu burung menjadi lebih sehat. Selain itu burung Lovebird tidak merasa kedinginan karena terkena terpaan angin.


Menjaga Burung Lovebird agar tidak stres

Kerodong berguna untuk mencegah agar Burung Lovebird tidak merasa stres. Burung bisa merasa stres apabila harus berhadapan dengan lingkungan yang baru dan membuatnya tertekan. Dengan menggunakan kerodong, Lovebird bisa terhindar dari stres, karena menggunakan kerodong membuat burung Lovebird lebih nyaman berada di kandangnya.

Baca juga Manfaat Daun Pepaya Untuk Burung Lovebird


Mencegah burung dari gangguan binatang lain yang dapat mengganggu kesehatannya

Hewan pengganggu merupakan hewan yang dapat mengganggu kenyamanan Lovebird. Burung Lovebird dapat terserang penyakit apabila digigit atau memakan hewan tertentu. Kerodong berguna untuk menutupi kandang agar burung terhindar dari segala bentuk gangguan dari binatang lain yang dapat mengganggu kesehatan Burung Lovebird.


Kerodong sebagai hiasan kandang

Manfaat penggunaan kerodong di kandang burung adalah sebagai hiasan. Saat ini kerodong sudah banyak dibuat berbagai macam jenis motif dan warna. Kebanyakan para penghobi burung memilih kerodong yang memiliki motif dan warna yang menarik, sehingga meningkatkan nilai keindahan yang dimiliki oleh kandang burung tersebut.

Baca juga Lovebird Ngekek Ini Ditawar Mobil Pajero Baru!


Mencegah burung terkena hujan dan cuaca buruk

Burung Lovebird bisa mengalami kondisi tubuh yang tidak baik apabila terkena hujan dan cuaca buruk. Penggunaan kerodong tidak hanya sebagai dekor saja, tetapi mampu melindungi burung Lovebird dari cuaca buruk dan hujan yang bisa menyebabkan Burung Lovebird Anda terserang penyakit.


Mencegah burung kepanasan dan merasa nyaman saat dibawa kemanapun

Manfaat kerodong yang paling banyak dilakukan adalah sebagai penutup kandang burung saat burung akan dibawa ke tempat lain menggunakan kendaraan roda dua. Kerodong ini berfungsi untuk mencegah agar burung tidak stres karena kepanasan. Selain itu, dengan menggunakan kerodong suhu di dalam kandang menjadi lebih stabil. Hal itu akan membuat Burung Lovebird lebih nyaman dan tidak menyebabkan Burung Lovebird stres karena dibawa berkeliling daerah yang panas dan banyak gangguan yang menyebabkan kesehatan burung Lovebird terganggu.

Baca juga Berikut 15 Makanan Lovebird yang Disarankan dan Kaya Manfaat

Yang perlu Anda ingat, meski kerodong mempunyai banyak manfaat untuk menjaga kesehatan burung di dalam kandang, namun kerodong pun juga bisa menyebabkan Burung Lovebird Anda terganggu kesehatannya. Hal itu bisa terjadi apabila kerodong untuk menutup kandang tidak tejaga kebersihannya dengan baik sehingga dapat mengganggu kesehatan burung Lovebird.

Karena itu, Anda harus rutin membersihkan kerodong dan juga mencucinya. Gunakanlah detergen atau shampo khusus untuk mencuci kerodong, sehingga kerodong untuk menutupi kandang Burung Lovebird menjadi bersih dan Lovebird pun akan terhindar dari penyakit.


kerodong lovebird
kerodong lovebird

Baca juga 20 MANFAAT DAUN MENGKUDU / PACE BUAT LOVEBIRD DAN CARA PEMBERIANNYA


Kata terkait:

Burung Lovebird, jual Lovebird, kerodong Lovebird, perlukah Lovebird dikerodong, fungsi kerodong, manfaat kerodong

Belum ada Komentar untuk "6 Manfaat Kerodong Bagi Kesehatan Burung Lovebird"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel