12 Rahasia Manfaat Tulang Sotong Untuk Lovebird

Sotong merupakan binatang yang hidup di perairan, terutama sungai, danau, ataupun laut. Hewan yang termasuk dalam filum Mollusca ini hampir dapat kita temui di semua perairan dengan kondisi air payau, tawar, dan bahkan asin di kedalaman yang bervariasi. Kadang dekat permukaan atau beribu-ribu meter di bawah permukaan.



Sotong sering disamakan dengan cumi-cumi, namun keduanya jelas sangatlah berbeda. Perbedaan antara keduanya dapat kita lihat pada bentuk tubuh dimana sotong bertubuh pipih sedangkan cumi-cumi berbentuk silinder. Cangkang pada sotong juga tersusun dari kapur yang keras, sedangkan cumi-cumi lunak.

Baca juga 1 Manfaat Daun Pepaya Untuk Burung Lovebird

Sotong merupakan salah satu jenis makanan seafood yang menjadi makanan utama di daerah Mediterania dan Asia Timur. Layaknya seafood yang lain, sotong sangat kaya akan kalsum dan protein rendah energi. Di Indonesia sendiri, sotong banyak dijadikan menjadi bahan utama berbagai masakan. Contohnya: sotong pedas manis, nugget sotong, gulai sotong, atau tumis sotong.

Apa itu Tulang Sotong?

Tulang sotong sering dijadikan sebagai makanan tambahan untuk lovebird peliharaan karena mengandung kalsium yang bagus untuk pertumbuhan lovebird. Selain kalsium, tulang sotong juga mengandung zat lain seperti mineral dan iodium. Mineral dalam tulang sotong berupa sodium klorida, garam magnesium, kalsium karbonat, serta kalsium fosfat.

Tulang sotong sendiri sebenarnya bukan tulang melainkan cangkang internal dari sotong itu sendiri. Kita bisa menemukannya berserakan di pinggir-pinggir pantai dimana hewan tersebut biasanya terdampar akibat air laut yang pasang hingga tersisa hanya cangkangnya saja.

Baca juga Berikut 15 Makanan Lovebird yang Disarankan dan Kaya Manfaat

Penggunaan Tulang Sotong



Tulang sotong banyak digunakan sebagai makanan pemenuh gizi pada lovebird peliharaaan. Lovebird peliharaan yang biasanya diberikan tulang sotong ini oleh para pecinta burung yaitu, burung perkutut, kenari, parkit, atau lovebird. Pemberian tulang sotong ke Lovebird yang sedang dirawat atau dikembangbiakan akan mampu memicu produktivitas serta kesehatan telur yang dihasilkan. Serta, kita dapat mencegah indukan Lovebird memakan telur-telurnya sendiri karena kekurangan kalsium.

Baca juga 20 MANFAAT DAUN MENGKUDU / PACE BUAT LOVEBIRD DAN CARA PEMBERIANNYA

Negera di Eropa tidak memberikan tulang sotong dalam bentuk utuh, akan tetapi dikikis dahulu dengan menggunakan sendok. Lalu kemudian dimasukkan ke dalam tempat terpisah atau bisa juga ditebar langsung di dasar kandang/sangkar Lovebird. Tulang sotong yang telah dikonsumsi akan dilarutkan oleh asam lambung yang kemudian membawanya menuju saluran pencernaan. Kalsium serta garam magnesium akan diserap di organ ini oleh aliran darah dimana jika seekor Lovebird betina sedang bertelur, zat-zat tersebut akan dibawa lagi ke saluran telur.

Pada saat itulah, cangkang telur yang awalnya masih lunak akan dilindungi dan mengeras dengan bantuan kalsium dan zat-zat yang lain. Oleh karena itu, pemberian tulang sotong sangat dianjurkan pada burung lovebird terutama pada saat mereka berkembang biak.



12 Manfaat Tulang Sotong untuk Burung Lovebird



Sebelumnya memberikan tulang sotong kepada lovebird, ada baiknya kita mengetahui dahulu cara pemberian pakan yang baik dan benar untuk lovebird. Sebab ada beberapa pertimbangan penting mengenai tata cara memberikan tulang sotong pada Lovebird di umur tertentu.

Baca juga 5 Manfaat Pemberian Jahe Secara Rutin Untuk Lovebird

Secara umum, tulang sotong sering digunakan untuk pakan tambahan Lovebird. Zat-zat yang banyak terkandung di dalamnya seperti kalsium, mineral, serta iodium dikarena sotong yang berasal dari perairan laut. Menurut majalahlovebird.net berikut beberapa manfaat sotong yang akan didapatkan oleh burung lovebird yaitu:


  1. Kalsium pada tulang sotong mampu memperkuat tulang pada Lovebird baik dewasa atau anakan.
  2. Memperkuat rahang serta mengasah paruh Lovebird.
  3. Meminimalisir serta mencegah kerontokan bulu-bulu Lovebird.
  4. Untuk Lovebird yang sedang diternakkan, tulang sotong sangat bagus untuk pembentukan cangkang/kulit telur. Jgn di remeh kan karena cangkang telur yg retak tidak akan bisa menetas. Keretakan sangat kecil dan sulit terlihat tampa alat bantu. Jika ada yang sering gagal tetas atau menetas sedikit mungkin ini jawabanya.
  5. Melancarkan pencernaan Lovebird baik dewasa ataupun anakan sehingga terhindar dari penyakit diare.
  6. Membuat Lovebird lebih bergairah untuk gacor atau menjadi rajin berkicau.
  7. Sebagai pakan penunjang kesehatan Lovebird.
  8. Membantu menguatkan paruh lovebird
  9. Menjaga kesehatan Lovebird agar tidak mudah lemas dan tidak membuat Lovebird kehilangan napsu makan.
  10. Membantu untuk menjaga Lovebird agar tidak cacingan.
  11. Membatu metabolisme tubuh Lovebird dan meningkatkan bakteri baik dalam usus.
  12. Meningkatkan gairah kawin Lovebird.


Baca juga 9 Manfaat dan Cara Pemberian Daun Binahong Untuk Lovebird

Cara Pemberian Tulang Sotong untuk Lovebird




Tulang sotong dijual dalam bentuk batangan dalam harga yang sangat murah dan mudah didapatkan di toko-toko burung. Berikut adalah sedikit tips pemberian tulang sotong pada Lovebird yang bagi sebagian pemula mungkin bingung melakukannya.

Alat dan Bahan :

1. Satu buah tulang sotong
2. Piring kertas/koran
3. Tali pengikat
4. Obeng plus (+)


Baca juga Racikan Pakan Lovebird Konslet Kejer Dan Metode Latihannya



Cara Memasang :

Sebenarnya ada alat khusus yang dijual di toko-toko burung untuk meletakkan tulang sotong dengan mudah, seperti gambar di atas. Namun, jika tidak ingin membelinya kita bisa membuat sendiri secara manual dengan menggunakan alat dan bahan yang sudah dituliskan di atas.

1. Letakkan tulang sotong tepat di atas piringan kertas/koran yang tebal.
2. Lubangi bagian tengah tulang sotong menggunakan obeng plus secara perlahan-lahan.
3. Buatlah dua lubang yang saling berdekatan dan menembus juga piringan kertas.
4. Setelah dua lubang selesai dibuat, masukkan tali pengikat melewati kedua lubang tersebut.
5. Pasang ke sangkar dengan mengikatnya di bagian jeruji lalu kencangkan talinya.
6. Tulang sotong telah dipasang dan siap dikonsumsi oleh Lovebird peliharaan kita.




Baca juga 4 Jenis Pakan Lovebird Agar Cepat Birahi dan Bertelur

Namun, jika ternyata Lovebird peliharaan kita tidak memakan tulang sotong yang sudah dipasang di sangkar kita bisa melakukan cara pemberian yang kedua, yakni:

1. Gerus tulang sotong secukupnya.
2. Kemudian, campurkan bersama dengan pakan/biji-bijian Lovebird.
3. Biarkan Lovebird memakan pakannya bersamaaan dengan tulang sotong.
4. Jika Lovebird sudah mulai makan pakannya dan tulang sotong, kita bisa tempelkan tulang sotong di sangkar seperti cara pemberian pertama.


Perhatian!

Hingga saat ini masih ada perdebatan mengenai pemberian tulang sotong untuk Lovebird peliharaan. Hal ini disebabkan karena dua faktor persoalan, yaitu:

1. Kandungan garam yang tinggi pada tulang sotong dikhawatirkan bisa menimbulkan efek penyempitan pembuluh darah pada Lovebird yang mengkonsumsinya.
2. Lovebird kadang mengkonsumsinya dalam jumlah yang terlalu sedikit karena kadar keasinan yang tinggi, sehingga kebutuhan mineral Lovebird kadang tidak terpenuhi terutama dalam proses reproduksi.


Demikian pembahasan mengenai tulang sotong mulai dari asal muasalnya, kegunaannya serta cara pemberian tulang sotong kepada Lovebird peliharaan. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua

Baca juga Cara Meracik Pakan Lovebird Ngekek Super Panjang


sumber

Belum ada Komentar untuk "12 Rahasia Manfaat Tulang Sotong Untuk Lovebird"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel