9 Manfaat dan Cara Pemberian Daun Binahong Untuk Burung Lovebird



Banyak jenis tumbuhan yang bisa dijadikan sebagai tumbuhan untuk obat. Diantaranya yaitu binahong. Daun binahong ialah jenis tumbuhan obat yang tumbuh didataran rendah dan dataran tinggi yang berasal dari korea. Daun binahong yang mempunyai nama latin Bassela rubra linn, atau orang china lebih tidak jarang menyebutnya dengan istilah Deng san chi konon kabarnya tidak sedikit dikonsumsi oleh orang Vietnam pada masa perang melawan Amerika.

Baca juga Tips Breeding / Ternak Lovebird Dengan Kandang Baterai

Kandungan Nutrisi Yang Ada di Tanaman Binahong

Tumbuhan yang daunnya serupa emblem hati ini tergolong tumbuhan herbal yang sudah lama dikenal orang-orang dari sekian banyak  negara tergolong Indonesia. Hal ini tak terlepas dari banyaknya kandungan nutrisi dalam daun Binahong laksana Glucan c, Karoten, Asam Organik, L-Arabinosa mucoplysacharida, D – Galaktosa, Asam Aldonat, dan Vitamin (A, B, dan C). Di samping itu, khasiat yang diperoleh oleh orang-orang yang menggunakannya terbilang cukup banyak mulai dari menurunkan darah tinggi, mencairkan luka di kulit, menangkal stroke, mengawal daya tahan tubuh, menanggulangi sariawan, mengobati gatal-gatal, dan masih tidak sedikit lainnya.

Baca juga 12 Rahasia Manfaat Tulang Sotong Untuk Lovebird

Namun, selain berfungsi untuk tubuh manusia, ternyata daun binahong pun baik guna hewan, yaitu jenis burung Lovebird. Manfaat binahong itu tidak lepas dari kandungan di dalamnya berupa minyak atsiri, antioksidan,  asam oleanolik, polofenol, alkaloid dan saponin. Kandungan yang ada di binahong tersebut dapat diandalkan baik guna tubuh, dan burung lovebird.

Tumbuhan binahong merupakan tumbuhan yang bisa merambat. Dengan demikian, Anda bisa dengan mudah menempatkan tumbuhan itu tanpa memerlukan area yang luas.

9 Manfaat Daun Binahong guna Lovebird : 




Baca juga Cara Mengetahui Lovebird Mempunyai Ngekek Panjang

1. Bisa menambah stamina pada burung Lovebird

Memberikan daun binahong pada Lovebird dapat menolong meningkatkan stamina burung lovebird. Dengan memiliki stamina yang baik, burung lovebird bakal menjadi lebih aktif dan jarang terpapar penyakit.

2. Menyembuhkan Luka Lovebird

Ketika burung Lovebird Anda terluka, terdapat penanganan yang pun harus dilakukan supaya luka pada burung lakbet bisa cepat sembuh. Tidak melulu memberikannya binahong sebagai makanan, daun binahong pun dapat dipakai sebagai obat luar. Daun binahong bisa ditumbuh dan dibalurkan pada luka yang terjadi pada burung lovebird. Luka pada lovebird bisa segera sembuh.

3. Mengobati diare pada burung lovebird

Tidak melulu manusia, lovebird pun dapat terpapar diare. Apabila pakan yang diserahkan kepada burung lovbird tidak cukup bersih dan lingkungan kotor, atau air minum lovebird jarang diganti, dapat mengakibatkan diare pada lovebird. Mengatasinya tidak dengan obat diare laksana manusia. Mengatasi penyakit diare pada lovebird dapat dilaksanakan dengan menyerahkan daun binahong sebagai pakan lovebird.

4. Berkhasiat dalam memulihkan situasi burung saat akan mengerjakan perjalanan jauh

Burung lovebird sering disuruh perjalanan jauh untuk disuruh mengikuti persaingan kicauan burung. Ketika merasakan perjalanan yang jauh, seringkali burung lovebird bisa menjadi lemas. Bagi mengembalikan situasi burung lovebird yaitu dengan menyerahkan daun binahong sebagai makanan burung lovebird.

Baca juga Lovebird Mabung? Berikut 10 Cara Perawatannya

5. Mengatasi Cidera Pada Lovebird

Tidak melulu mengatasi luka pada burung lovebird. Daun binahong pun dapat menyembuhkan cidera pada burung lovebird. Caranya sama dengan menyembuhkan luka, yaitu membalurkan tumbukan daun binahong pada lovebird. Selain tanaman daun binahong, menanggulangi cidera pada lovebird pun dapat dilaksanakan dengan memanfaatkan getah binahong. Mengoleskan getah binahong pada unsur tubuh burung lovebird yang cidera dapat menolong menyembuhkan cidera yang terjadi.

6. Menghangatkan tubuh lovebird pada ketika kedinginan

Burung tergolong pada jenis unggas, diaman mempunyai darah hangat. Seperti jenis burung lainnya, lovebird pun mempunyai bulu guna menghangatkan badannya. Namun, tidak lumayan dengan bulunya saja, menghangatkan lovebird pun dapat diprovokasi dari asupan makanan yang diserahkan kepada lovebird. Salah satunya yaitu dengan menyerahkan lovebird makanan dengan lovebird, tubuh lovebird bakal menjadi hangat.

7. Bermanfaat untuk menangkal penyakit yang diakibatkan oleh bakteri

Burung lovebird pun rentan terkena peyakit yang diakibatkan oleh bakteri. Bakteri bisa cepat menginfeksi pada burung lovebird, sehingga menciptakan lovebird sakit. Bagi mengatasinya, burung lovbird dapat diserahkan makanan yaitu daun binahong. Nutrisi didalam daun binahong dapat menolong membunuh bakterijahat yang menginfeksi burung lovbird yang bisa mengakibatkan sekian banyak penyakit pada lovebird.

Baca juga Cara Membuat Eggfood Untuk Lovebird


8. Bisa menyembuhkan penyakit gatal yang menyerang lovebird

Lovebird dapat gampang terkena penyakit gatal, sebab gigitan serangga laksana kutu. Untuk menanggulangi gatal pada lovebird bukan dengan dikasih cream penghilang gatal laksana manusia. Tapi dengan mengubah pakan pada lovebird. Diantaranya yakni menyerahkan daun binahong guna lovebird. Penyakit Gatal pada lovebird bisa berkurang dan tubuh lovebird bisa menjadi lebih sehat.

9. Bisa untuk meringankan penyakit snot pada burung lovebird

Baca juga 4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet

Cara Pemberian Daun Binahong Untuk Burung Lovebird :

1. Cuci Daun Binahong

Sebelum Anda memberikan daun binahong untuk lovebird peliharaan anda, maka terdapat baiknya Anda membersihkan daun binahong dengan teknik mencucinya hingga daun tersebut bersih.

Langkah ini cukup berfungsi menghilangkan bakteri serta pestisida yang dapat jadi menempel pada daun binahong tersebut.

2. Gantung Daun Binahong pada Sangkar Burung Lovebird

Pada saat Anda memberikan daun binahong untuk lovebird, Anda bisa meletakkannya di sela-sela jeruji sangkar. Anda pun dapat memotongnya kecil-kecil, lantas taruh pada lokasi pakan burung.

Baca juga 7 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Dengan Mudah dan Cepat


3. Atau dapat juga dengan mencukur kecil-kecil daun binahong yang telah dicuci, lantas letakkan didalam wadah EF.

Ketika Anda memberikan daun binahong untuk lovebird yang berpasangan bisa jadi besar daun pun akan diangkut pada glodok maupun sarang. Sebab, burung lovebird terkadang memang memerlukan rerumputan atau dedaunan kering guna dibawa masuk ke sarangnya.

Cara Mengobati Lovebird Luka dengan Binahong

Manfaat daun binahong bagi lovebird ternyata juga dapat untuk mengobati luka yang terdapat pada tubuh lovebird. Tak melulu dapat mengatasi sekian banyak  gangguan kesehatan tersebut, daun binahong pun dapat menyembuhkan luka yang diakibatkan oleh infeksi maupun cedera.

Langkahnya, Anda bisa terlebih dahulu menumbuk daun binahong sampai keluar cairan maupun getahnya. Bagi hasil tumbukan tersebut selanjutnya ditempelkan pada unsur tubuh Lakbet yang terdapat luka.

Baca juga 3 Penyebab Lovebird Tidak Mau Masuk Glodok



Efek Samping Pemberian Dauin Binahong

Walaupun daun Binahong dapat mengawal kesehatan burung ocehan tetap saja jangan dikonsumsi secara berlebihan. Burung ocehan yang mengkonsumsi daun Binahong terdapat baiknya diserahkan saat situasi burung sedang tidak cukup baik.

Baca juga Ciri Khas Jenis Lovebird Klasifikasi Yang Lebih Rendah

Bila situasi tubuh burung telah normal seperti biasanya, maka pemberian daun Binahong bisa dihentikan ataupun dapat diberikan sesekali saja. Sebab akibat buruk yang diterima burung ocehan yang mengkonsumsinya secara berlebihan dapat memunculkan birahi yang berlebih, denyut jantung berdetak lebih cepat, dan parahnya dapat menghilangkan kesadaran.

Efek Pemberian terlalu banyak daun binahong pada lovebird yaitu:

  1. Menyebabkan kejang pada lovebird
  2. Denyut jantung lovebird menjadi tak teratur
  3. Dapat membuat over birahi 
  4. Menghilangkan lovebird kesadaran
  5. Menyebabkan gangguan pada otot


Perhatian

Agar lovebird tidak overdosis dengan daun binahong, memberikan daun binahong cukup seperlunya saja untuk burung lovebird. Seringkali daun binahong diserahkan ketika burung lovebird merasakan masalahkesehatan. Daun binahong cukup dipakai sebagai obat atau pun sebagai nutrisi guna terapi saat burung lovebird merasakan gangguan kesehatan.

Baca juga Terbaru! Segini Harga Lovebird Violet 2019

Saran

Saran sebagai Penangkar tidak ada salahnya Anda menempatkan daun binahong pada pekarangan lokasi tempat tinggal Anda. Binahong bisa dengan gampang dan cepat bertumbuh dan menjalar Tidak perlu lokasi spesial yang terawat, dan dapat jadi tanah kecil yang kena sinar matahari saja.

Tanaman ini barangkali dapat anda temui pada lokasi tempat yang tidak terawat / Liar, petik dan tanamkan akar pada sikunya pada tanah dan tumbuhan binahong Anda siap guna dibiakkan, dan dapat dipakai sewaktu waktu bilamana dibutuhkan.

Baca juga Manfaat Utama Daun caisim Untuk Lovebird


Itulah artikel ulasan perihal manfaat daun binahong guna lovebird yang terbukti cukup bermanfaat untuk meringankan atau mengobati penyakit-penyakit lovebird diatas.

Belum ada Komentar untuk "9 Manfaat dan Cara Pemberian Daun Binahong Untuk Burung Lovebird"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel