5 Manfaat Pemberian Jahe Secara Rutin Untuk Lovebird



Manfaat Jahe Untuk Lovebird - Ternyata jahe itu tidak hanya bermanfaat untuk manusia saja, lho. Sebab, burung Lovebird yang diberi pakan jahe pun juga akan merasakan manfaat positif sama halnya seperti pemberian jahe ke manusia. Lalu, apa saja manfaat jahe untuk Lovebird?

Manfaat jahe sebenarnya sangat banyak, tidak hanya untuk kesehatan tubuh saja, tetapi juga untuk penyedap masakan. Nah, jika jahe diberikan ke Lovebird maka manfaatnya cukup beragam, tetapi yang paling utama untuk menghilangkan serak dan juga menjernihkan suara Lovebird.

Baca juga 4 Penyebab Lovebird Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya


5 Manfaat Jahe Untuk Lovebird

Tak hanya itu saja, ada beberapa manfaat-manfaat lain jahe yang baik untuk burung Lovebird. Berikut ini manfaat jahe untuk Lovebird :
  1. Jahe Bisa Menghilangkan Serak pada Lovebird
  2. Jahe Bisa Mencegah Lovebird Mabuk di Perjalanan
  3. Jahe Untuk Tambahan Pakan Lovebird
  4. Jahe Bisa Menghangatkan Tubuh Lovebird
  5. Jahe Bisa Membantu Pencernaan Lovebird


Penjelasan :

1. Jahe Bisa Menghilangkan Serak pada Lovebird

Jahe mengandung gingerol, minyak atsiri zingiberena (zingirona), zingiberol, bisabolena, filandrena, kurkumen, dan juga resin pahit. Manfaat jahe untuk Lovebird yaitu salah satunya sebagai penghilang serak pada suara Lovebird.

Baca juga Harga Anjlok, Peternak Burung Lovebird Gulung Tikar

Jadi, apabila burung Lovebird serak, maka tenggorokan lovebird yang serak tadi akan diencerkan dahaknya dan kemudian suaranya akan normal kembali.

Pemberian jahe ke Lovebird sendiri bisa dilakukan dengan cara digeprek terlebih dahulu. Kemudian, direbus sampai airnya mendidih. Setelah airnya mendidih, Anda bisa sedikit madu murni dan air perasaan jeruk nipis ke ramuan jahe Lovebird. Apabila air rebusan tersebut sudah dingin, Anda bisa memberikannya ke Lovebird. Waktu pemberian jahe pada lovebird cukup dua kali dalam seminggu dengan jarak 3 hari sekali.


2. Jahe Bisa Mencegah Lovebird Mabuk di Perjalanan

Perjalanan jauh saat akan menjalani suatu ajang perlombaan burung memang melelahkan. Terkadang Lovebird kita mabuk dalam perjalanan karena menempuh jalan yang sangat jauh dan cuaca yang begitu panas atau ada goncangan yang keras.

Dengan pemberian jahe, maka rasa mabuk atau regurgitasi Lovebird tidak akan terjadi. Tubuh burung Lovebird akan senantiasa hangat dan fit selama di perjalanan.

Baca juga 9 Manfaat dan Cara Pemberian Daun Binahong Untuk Lovebird

Cara memberikan jahe ke burung Lovebird bisa dilakukan dengan cara dibakar. Pertama-tama jahe dibakar terlebih dahulu. Setelah matang, kemudian jahe digeprek dan diseduh dengan air panas. Tambahkan juga gula merah atau gula jawa pada racikan jahe Lovebird. Setelah air seduhan jahe dingin, Anda bisa memberikan ramuan tersebut ke burung Lovebird kesayangan anda.


Baca juga Tips Breeding / Ternak Lovebird Dengan Kandang Baterai


3. Jahe Untuk Tambahan Pakan Lovebird

Tak hanya sebagai jamu tradisional Lovebird saja, jahe juga bisa dimanfaatkan untuk sebagai tambahan pakan Lovebird, lho. Kandungan bergizi pada jahe tentu bisa menyehatkan tubuh Lovebird.

Cara pembuatan pakan tambahan jahe sendiri cukup mudah. Anda bisa menghaluskan jahe sampai menjadi serbuk. Setelah jahe benar-benar halus, campurkan jahe ke pakan burung Lovebird.

Perlu diingatkan, bahwa serbuk jahe yang dicampur ke pakan Lovebird harus dalam keadaan yang kering. Anda bisa mengeringkan serbuk jahe di bawah sinar matahari atau disangrai supaya keringnya merata.

Satu lagi, pemberian pakan lovebird yang sudah dicampur serbuk jahe tidak boleh diberikan setiap hari. Cukup sesekali saja, bisa di akhir pekan saat akan menjalani latberan ataupun lomba lainnya.

Baca juga 12 Rahasia Manfaat Tulang Sotong Untuk Lovebird


4. Jahe Bisa Menghangatkan Tubuh Lovebird

Musim penghujan yang dingin pastinya akan membuat kesehatan Lovebird menurun. Nah, Anda bisa mengembalikan stamina Lovebird tersebut dengan cara menghangatkan tubuhnya menggunakan jahe. Dengan demikian, Lovebird tidak akan merasa kedinginan dan bahkan mencegahnya dari berbagai macam jenis penyakit. Ramuan jahe tradisional yang paling berkhasiat yakni dicampur dengan milet.

Bahan-bahan :
  • 1 ruas jahe 
  • Milet secukupnya 
  • Wadah atau panci 
  • Penyaring 
  • Air secukupnya 

Baca juga Cara Mengetahui Lovebird Mempunyai Ngekek Panjang



Cara membuat pakan campuran jahe lovebird :
  1. Kupas kulit jahe, kemudian dihaluskan dengan cara diparut atau diblender. 
  2. Jahe yang sudah halus direndam didalam panci kecil berisi air panas selama beberapa menit saja, sambil diaduk-aduk hingga merata. 
  3. Bila sudah dingin, air rendaman jahe lalu disaring dan diambil sarinya saja, kemudian sisanya dibuang. 
  4. Siapkan milet secukupnya saja, lalu direndam dalam wadah berisikan air. 
  5. Buang biji-biji milet yang terapung, setelah itu ditiriskan. 
  6. Setelah itu, milet direndam lagi kedalam wadah atau panci berisi sari jahe. 
  7. Aduk-aduk ramuan jahe dan milet serta tunggu 2-3 jam hingga sari jahe meresap ke dalam milet. 
  8. Jika sudah meresap, ramuan jahe dan milet disaring untuk dibuang airnya. 
  9. Ramuan Milet Jahe Lovebird dikeringkan dengan cara dijemur di bawah sinar matahari, atau disangrai (nyala api sedang). 
  10. Kalau sudah kering, pakan dari campuran jahe sudah siap diberikan untuk Lovebird. 

Baca juga Lovebird Mabung? Berikut 10 Cara Perawatannya


5. Jahe Bisa Membantu Pencernaan Lovebird

Ternyata jahe bisa membantu pencernaan Lovebird. Jika Lovebird salah makan sesuatu sehingga membuat kotorannya berbentuk encer dan bermasalah, maka Anda bisa memberikan ramuan jahe ke Lovebird.

Kandungan enzim pencernaan seperti protease dan lipase pada jahe bisa segera menyembuhkan gangguan pencernaan pada Lovebird. Enzim tersebut juga mencerna protein dan lemak.

Untuk masalah pencernaan sendiri, maka cara pemberian jahe bisa dikombinasikan dengan buah mengkudu dan milet.

Baca juga Cara Membuat Eggfood Untuk Lovebird


Bahan-bahan :
  • Mengkudu matang secukupnya 
  • 1 ruas jahe 
  • Milet secukupnya 
  • Wadah atau panci 
  • Alat penyaring 
  • Air secukupnya 

Cara pembuatan ramuan jahe, mengkudu, dan milet lovebird :

Cara pembuatannya sama persis dengan resep jamu tradisional di nomor 4. Bedanya ialah Anda cukup menambahkan buah mengkudu matang aja di tahapan nomor 6. Jadi, saat milet direndam bersamaan dengan sari jahe, Anda tinggal mencampurkan buah mengkudu yang sudah diblender. Kalau sudah tercampur, pakan jahe bergizi siap disajikan ke burung Lovebird.

Baca juga 4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet


Demikian saja beberapa manfaat jahe untuk lovebird lengkap dengan cara pemberiannya. So, anda bisa memberikan ramuan jahe tersebut dengan diseduh air panas atau dijadikan serbuk dan dicampurkan dengan pakan burung. Terima kasih banyak dan semoga bermanfaat.

Baca juga 7 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Dengan Mudah dan Cepat

Belum ada Komentar untuk "5 Manfaat Pemberian Jahe Secara Rutin Untuk Lovebird"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel