5 Cara Mengatasi Kebiasaan Lovebird Gesek Tangkringan / gestang



Bagi pemelihara burung lovebird anda harus tau mengetahui perilaku atau permasalahan lovebird yang harus diatasi. Tingkah tersebut yaitu lovebird gesek tangkringan. Kelakuan tersebut sering terjadi pada lovebird jantan yang telah beranjak dewasa. Namun terkadang prilaku gesek tangkringan juga terjadi pada lovebird betina.

Perilaku lovebird gesek tangkringan ini tandanya yaitu dengan lovebird terlihat menggesek-gesekkan supitnya pada tangkringan maupun tempat bertengger. Dan tampak mirip seperti lovebird yang sedang kawin. Tak hanya menggesekkan tangkringan saja, lovebird yang over birahi pada umumnya akan tampak ngeleper maupun mengepakkan sayapnya.

Baca juga 8 Ciri Burung LB Violet Serta Harga Terbaru 2019

Perilaku lovebird gesek tangkringan ini ditandai dengan perilaku lovebird yang sering terlihat menggesek-gesekkan supitnya pada tangkringan saat sedang bertengger dan tampak mirip dengan lovebird yang sedang kawin. Kejadian ini jika dibiarkan secara terus menerus akan membawa dampak yang sangat buruk bagi burung lovebird sendiri selain akan semakin intens nya lovebird gesek tangkringan juga akan berimbas pada reproduksi burung sendiri karena lovebird yang sudah parah gesek tangkringan akan cenderung tidak mau mengawini lawan jenisnya.

Ada berbagai macam penyebab lovebird gesek tangkringan diantaranya dari faktor pemberian pakan maupun perawatan karena burung lovebird sendiri sangat sensitif dengan yang namanya makanan serta cara perawatan , jika kita dalam pemberian pakan maupun perawatan asal-asalan saja maka akan berimbas pada kondisi burung lovebird itu sendiri. berikut adalah penyebab burung lovebird gesek tangkringan :

Baca juga Ciri Ciri Lovebird Olive Beserta Harga Terbaru 2019

Penyebab Lovebird Gesek Tangkringan
Lovebird yang sering mengesekan pada tangkringan tersebut diantaranya disebabkan oleh hal seperti berikut ini.
  • Over Birahi
  • Kandungan protein pada makanannya yang mungkin terlalu tinggi.
  • Stress.
  • Burung sedang Sakit.
  • Pemberian extra fooding yang tidak terkontrol.
  • Waktu penjemuran terlalu lama.

Cara Mengatasi Lovebird Gesek Tangkringan
Pada lovebird yang jantan yang akan diternak mungkin justru bagus pada saat sudah over birahi dan gesek tangkringan. Sebab apabila disatukan dengan lovebird betina yang berjodoh dan telah memasuki masa produktif.

Baca juga 5 Jenis Burung Lovebird Termahal dan Banyak Dicari 2019

Dengan demikian tidak akan segera bertelur.Namun bila lovebird gestang itu terjadi dalam lovebird yang dijadikan kicauan harian atau bahkan dijadikan lovebird lomba, perilaku tersebut akan menjadi sebuah permasalahan yang serius yang kemiudian harus segera diobati.


1. Lepaskan Tangkringan pada Sangkar

Apabila lovebird Anda sedang melakukan gesek tangkringan, maka tangkringannya bisa anda ambil dan dijauhkan dari lovebird anda.

Apabila tak ada tangkringan, maka otomatis lovebird akan menghentikan perilaku tersebut. Hal ini tak akan bisa ada pengaruh pada keinginan burung yang justru semakin kuat apabila tak ada alat pelampiasan.

Jika sesudah anda melepaskan tangkringan dan birahinya telah stabil lagi, maka anda bisa letakkan tangkringan lagi pada tempatnya dan rawat dia dengan baik.


2. Jangan Beri EF

EF bisa menjadikan burung lovebird menjadi naik birahinya dan pada umumnya diberikan pada lovebird lomba. Akan tetapi apabila sedang masa gestang, maka anda bisa menyetop pemberian EF.

Sebab dapat menambah birahi agar menjadi lebih tinggi. Tidak hanya menghentikan gestang, tidak memberhentikan pemberian makanan tambahan dapat mengakibatkan perilaku tersebut justru lebih kecang dari sebelumnya.

Baca juga Racikan Pakan Lovebird Konslet Kejer Dan Metode Latihannya


3. Berikan Makanan Penurun Birahi Tinggi
Makanan tambahan yang dapat menurunkan birahi juga ada khusus lovebird serta tersedia dalam bentuk vitamin penurun birahi. EF disini yaitu berupa daun kemangi dan mentimun.

Makanan tersebut berikan secara bergantian hingga birahi turun serta bisa normal lagi. Langkah ini dinilai ampuh untuk lovebird yang sering menggesek tangkringan atau sekedar burung lovebird yang punya tingkat birahi tinggi berlebihan.


4. Mandi Malam

cara yang ketiga yaitu sering memandikan malam lovebird gestang anda ,ingat jangan pagi hari ,siang, ataupun sore hari tapi malam hari. kenapa harus malam hari ? karena memandikan lovebird malam hari tepatnya diatas jam 09.00 malam akan lebih evektif untuk menurunkan birahi lovebird serta menjaga stamina lovebird .

Jika anda sedang memandikan lovebird sebaiknya tangkringanya kalian ambil terlebih dahulu dari dalam sangkar agar lovebird tidak terpancing untuk gesek tangkringan karena lovebird yang gesek tangkringan akan lebih aktif gesek tangkringan setelah dimandikan.

Baca juga Ciri Split Biola dan Cara mudah Mencetak Biola


5. Sering Memandikan Burung

Jika burung lovebird gesek tangkringan sebaiknya untuk sering memandikan burung supaya birahinya dapat normal kembali.

Di dalam frekuensinya sendiri bisa dilakukan paling tidak 3 kali sehari yaitu pagi, siang, sore, atau bahkan bisa ditambah satu yaitu malam. Sering memandikan malam bisa membantu dalam menurunkan birahi.

Selain itu mandi malam juga bisa membantu menurunkan stress pada burung dan juga dapat membantu memperkokoh bulunya.


6. kurangi proses penjemuran.

Lovebird yang gesek tangkringan sebaiknya anda kurangi waktu saat penjemuranya atau anda bisa menjemurnya dua hari sekali dengan durasi hanya 5-15 menit saja dipagi hari dibawah jam 9 pagi . setelah itu anda dapat mengangin-anginkanya atau menaruhnya ditempat yang teduh atau agak lembab. 


sekian tips untuk mengatasi lovebird gestang dari majalahlovebird.com semoga tips-tips diatas dapat sangat bermanfaat

Baca juga Lovebird Over Birahi? 3 Cara Ampuh Mengatasinya

kata kunci: 
kicau mania, arti cod, lovebird jantan, membedakan lovebird, kandang lovebird koloni, kepanjangan cod, lovebird gestang, perbedaan lovebird jantan, cara menjodohkan lovebird, lakbet, glodok lovebird, makanan lovebird, ternak labet, terapi lovebird, lakbet gestang, lovebird birahi, lovebird kawin, lovebird betina

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Kebiasaan Lovebird Gesek Tangkringan / gestang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel