Berikut 15 Makanan Lovebird yang Disarankan dan Kaya Manfaat

Namanya cukup unik, lovebird atau kita sering sebut dengan burung cinta. Lovebird adalah spesies burung dari Afrika yang jika kita satukan sepasang lovebird di kandang maka mereka akan selalu bersama dan lengket layaknya sepasang kekasih. Ukurannya kecil dengan bulu yang berwarna-warni, menjadi daya tarik yang khas dari burung cinta. Jika kamu ingin memelihara lovebird, daftar makanan berikut akan sangat bermanfaat.

Baca juga 20 Manfaat Daun Mengkudu / Pace Buat Lovebird Dan Cara Pemberiannya


Berikut 15 Makanan Lovebird yang Disarankan dan Kaya Manfaat


1. Millet


Milet
Milet

Makanan pokok dari lovebird yang biasa diberikan adalah campuran dari millet putih dan millet merah. Millet adalah pakan yang memang biasa diberikan untuk para burung pemakan biji. Harganya yang murah, kandungan gizi yang baik dan sangat disukai oleh burung, menjadikan ia sangat populer dikalangan pemelihara lovebird. Millet juga dapat disajikan dalam bentuk kecambah yang akan memudahkan burung untuk memakannya.


2. Biji Kenari

Biji Kenari
Biji Kenari
Selain millet, biji kenari juga merupakan primadona makanan untuk para burung peliharaan. Burung pemakan biji seperti lovebird sangat menyukai biji kenari atau canary seed. Selain disajikan dalam bentuk kering, kamu juga bisa menyulap biji kenari menjadi kecambang layaknya millet. Biji kenari yang sudah berbentuk kecambah ini memiliki kandungan gizi yang lebih baik untuk para lovebird.

Baca juga Lovebird Kena Snot? Berikut 14 Cara Mengatasi Snot pada Lovebird


3. Biji Oat

Oat
Oat

Tidak hanya bermanfaat untuk kita, biji oat atau haver ini sangat baik untuk pakan lovebird. Kandungan karbohidrat dan protein yang tinggi sangat baik diberikan untuk burung yang baru saja melahirkan dan sedang merawat anaknya. Biji oat juga dipercaya dapat membantu proses pemulihan sakit dengan lebih cepat dan meningkatkan berat badan burung yang mengalami kesulitan kenaikan berat badan. Selain itu ia juga dapat membenahi struktur jaringan kulit dan bulu sang burung, memperbaiki kerja organ pencernaan hingga menjadikan burung lebih tenang dan tidak mudah stres.


4. Biji Sawi
Biji Sawi
Biji Sawi

Siapa yang menyangka bahwa ternyata biji sawi mengandung gizi yang sangat baik untuk lovebird.  Pakan ini akan selalu ada dicampuran pakan burung cinta karena rasanya yang lezat dan tidak akan membuat burung menjadi kegemukan. Kandungan protein serta omega 3 yang tinggi sangat baik untuk tumbuh kembang lovebird kamu yang masih dalam proses pertumbuhan.

Baca juga 14 Tips dan Manfaat Terapi Air Hujan Untuk Lovebird


5. Juwawut

Jumawut
Jumawut

Juwawut memiliki manfaat yang sangat baik bagi lovebird karena mengandung 75% karbohidrat yang merupakan sumber energi dan 9.8% sebagai sumber protein. Selain itu, kandungan zat kapur yang terdapat di dalamnya sangat baik untuk membantu induk burung yang sedang bertelur agar selalu sehat dan prima. Bentuk dari juwawut ini adalah bulat dengan warna kemerahan, layaknya millet.


6. Jagung

Jagung
Jagung

Dalam memilih jagung untuk pakan lovebird, sebaiknya pilihlah jagung manis. Rasanya yang manis ini ternyata sangat disukai para lovebird. Selain disukai oleh burung ini, jagung manis juga bisa menjaga kesehatan mata, meningkatkan kekebalan tubuh agar tidak mudah diserang penyakit bahkan mengembangkan dan menguatkan otot burung. Walaupun begitu, jangan berikan jagung manis terlalu sering karena bisa membuat lovebird menderita kegemukan.

Baca juga 5 Manfaat Pemberian Jahe Secara Rutin Untuk Lovebird


7. Gabah Beras Merah
Beras Merah
Beras Merah

Gabah beras merah merupakan salah satu makanan utama dari lovebird. Terdapat berbagai macam kandungan yang diperlukan burung cinta ini, terutamanya kandungan karbihidrat  sebagai sumber utama tenaga mereka. Dalam pemberiannya, kamu bisa mencampurkan gabah dengan milet dengan perbandingan 1:1. Dengan pemberian nutrisi yang seimbang maka lovebird kamu bisa menjadi lebih sehat, kuat dan berkicau dengan indah.


8. Apel

Apel
Apel

Lovebird lebih menyukai apel yang berwarna merah dibandingkan dengan apel hijau. Hal ini dikarenakan apel merah memiliki rasa yang lebih manis. Apel ternyata bisa membantu meningkatkan stamina burung agar terhindar dari berbagai macam penyakit. Dalam penyajiannya, sebaiknya kupas apel terlebih dahulu dan cuci hingga bersih agar sisa-sisa pestisida yang ada di apel tersebut dapat hilang.

Baca juga 4 Penyebab Lovebird Macet Bunyi dan Cara Mengatasinya


9. Tauge

Toge
Toge

Sama halnya dengan apel, tauge dipercaya bisa memberikan stamina yang lebih kepada lovebird agar mereka bisa lebih aktif, sehat dan kerap berkicau dengan indah. Biji kacang kedelai yang sudah mual berkecambah ini memiliki gizi yang lebih tinggi dan nutrisi yang lebih lengkap. Pasti kamu menginginkan lovebird yang dipelihara bisa berkicau dengan lantang dan panjang kan?


10. Kangkung

Kangkung
Kangkung

Kangkung menjadi makanan andalan untuk para burung pengicau, salah satunya lovebird. Kangkung dengan berbagai macam kandungan gizinya, dapat meningkatkan birahi para burung sehingga ia akan lebih rajin berkicau. Trik inilah yang kerap dilakukan sebelum lovebird di adu dalam sebuah perlombaan berkicau. Walaupun begitu, tetap hati-hati dalam pemberian kangkung karena justru ia tidak baik diberikan pada induk burung yang sedang merawat anaknya.

Baca juga Harga Anjlok, Peternak Burung Lovebird Gulung Tikar


11. Sawi Putih

Sawi Putih
Sawi Putih

Lovebird cukup menggemari buah-buahan dan sayur-sayuran segar, salah satunya sawi. Sawi bisa dijadikan sebagai makanan tambahan untuk lovebird yang bermanfaat untuk menjaga bulu-bulunya agar selalu berkilau. Pemberian sawi bisa diselang-seling sesuai dengan selera sang burung. Jangan lupa untuk tetap menerapkan pola makan secara seimbang agar segala nutrisi lovebird bisa terpenuhi dengan baik untuk tumbuh kembang yang optimal.


12. Jangkrik

Jangkrik
Jangkrik
Jangkrik adalah salah satu makanan tambahan bagi lovebird untuk membantu mereka terhindar dari stres. Dalam memberikan pakan inipun, kamu harus berhati-hati ya. Jangan sampai memberikannya terlalu banyak karena bisa menggangu pencernaan lovebird. Kandungan protein yang terdapat di dalam jangkrik ini cukup tinggi oleh karena itu cukup diberikan 1-2 ekor saja dalam satu minggu agar kebutuhan proteinnya tercukupi.

Baca juga 9 Manfaat dan Cara Pemberian Daun Binahong Untuk Lovebird


13. Asinan Tulang Sotong

Sotong
Sotong

Lovebird juga memerlukan asupan kalsium dan agar mereka selalu dapat terhindar dari berbagai macam penyakit. Untuk itu, kamu bisa memberikan asinan tulang sotong sebagai salah satu menu makanan sehat lovebird. Cara penyajiannya cukup mudah, kamu hanya perlu mengikat dan menggantung asinan tulang sotong di dalam sangkar burung dan biarkan mereka menyantap asinan tulang sotong ini dengan sendiri.

Baca juga 12 Rahasia Manfaat Tulang Sotong Untuk Lovebird


14. Telur Rebus

Telur Rebus
Telur Rebus

Olahan telur seperti ini biasanya diberikan pada lovebird agar mereka bisa tumbuh dengan maksimal dan memiliki tubuh yang gemuk dan sehat. Kandungan protein dalam telur dapat diserap lebih cepat dengan hasil maksimal. Sebaiknya berikan 3-4 kali dalam seminggu bagi burung yang masih bayi agar pertumbuhan mereka optimal. Sedangkan untuk burung dewasa, kamu bisa memberikannya 1-2 kali dalam seminggu untuk menghindari kegemukan bila diberi secara berlebihan.


15. Bubur dan Biskuit Bayi

Biskuit Bayi
Biskuit Bayi

Makanan bayi? Iya betul! Makanan bayi seperti bubur bayi beras merah bisa dijadikan makanan untuk para bayi lovebird. Biasanya, bubur bayi ini diracik dengan beberapa makanan lainnya seperti pelet, tepung jagung dan biji-bijian pakan lovebird. Cara memberikannyapun harus hati-hati. Gunakan alat suntik khusus yang sudah diberikan selang halus atau alat khusus yang memang ditujukan untuk memberi makan bayi burung.


Baca juga Cara Mengetahui Lovebird Mempunyai Ngekek Panjang

Belum ada Komentar untuk "Berikut 15 Makanan Lovebird yang Disarankan dan Kaya Manfaat"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel