4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet



4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet - Pada kesempatan kali ini majalah lovebird akan sedikit berbagi tentang bagaimana cara memgatasi lovebird nyilet. Berbicara tentang burung lovebird sepertinya memang tidak ada habisnya. Burung yang mempunyai nama lain yaitu (genus Agapornis) sepertinya tetap menjadi topik hangat di antara kicau mania, selain mempunyai suara yang unik tampilan burung ini pun sangat mengoda mata bagi yang melihatnya.

Baca juga 7 Cara Menurunkan Birahi Lovebird Dengan Mudah dan Cepat

Tak lepas dari itu burung yang sangat gemar memakan biji bijian dan sayuran pun tergolong mudah dalam perawatannya serta sangat mudah beradaptasi dengan lingkungan baru disekitarnya. bahkan saking mudahnya dalam hal perawatan kita sering menganggap remeh bahkan sampai tidak burung itu sendiri padahal pada dasarnya burung lovebird ini pun sangat rentan terhadap penyakit.

Salah satu penyakit yang sering dialami lovebird yaitu kekurangan gizi atau kicau mania sering menyebutnya dengan penyakit nyilet, istilah nyilet dipakai dikarenakan pada bagian dada burung ini akan terlihat membusung kedepan seperti silet atau ada juga yang menyebutnya seperti mata kapak.

Nyilet adalah penyakit dengan indikasi tubuh lovebird menjadi kurus dan jika di perhatikan pada bagian dada/tulang dada akan sangat runcing dan daging pada bagian dada mengurus, sehingga sering disebut dadanya tajam/silet.

Baca juga 3 Penyebab Lovebird Tidak Mau Masuk Glodok

Kondisi ini dikarenakan lovebird mengalami penurunan berat badan yang sangat drastis, keadaan ini pasti tidak ingin diinginkan oleh para kicau mania semua, disamping akan mempengaruhi perfoma burung seperti malas untuk berbunyi, burung cenderung menjadi fasip, dan terlihat sering mengantuk, jika penyakit nyilet ini dibiarkan lama - kelamaan burung akan semakin kurus dan bisa berujung dengan kematian.

4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet

Gejala atau tanda-tandanya adalah sebagai berikut :

  • Badan menjadi kurus, walaupun jika diperhatikan makan banyak
  • Lovebird tidak bergairah, cenderung sering mengantuk dan selalu melipat kepalanya kebelakang
  • Bulu mengembang
  • Warna kotoran hitam dan cenderung lengket pada bagian dubur
  • Terkadang nafas berbunyi seperti "ngorok"
Beberapa faktor yang menyebabkan lovebird nyilet diantaranya burung kurang gizi, terkena penyakit gondok, burung keracunan logam, burung terkena cacing. Dari beberapa peyebab nyilet pada lovebird diatas yang paling sering dialami oleh burung adalah kekurangan gizi dan juga cacingan maka dari itu kita akan membahas tentang cara penanganannya agar burung gemuk dan sehat kembali.

Cek kondisi tubuh lovebird anda secara rutin, jika anda menemui cirri-ciri diatas maka segera beri tindakan pengobatan yang tepat. Berikut ulasan beberapa jenis obat yang cocok untuk lovebird nyilet.

Baca juga Terbaru! Segini Harga Lovebird Violet 2019

Obat Yang Ampuh Untuk Mengobati Lovebird Nyilet

1. Bird First Aid

Obat ini dapat diberikan di pagi dan sore/ malam hari. Dalam rentang waktu kurang dari sebulan hasil akan terlihat bahkan jika tidak terlalu parah, dalam satu minggu lovebird akan sembuh. Harganya berkisar Rp 75.000

2. Beaphar Santalina K3

Sama seperti bird first aid, obat ini cukup efektif bahkan lebih baik namun harganya sedikit lebih mahal yaitu Rp 125.000

3. Vetafarm (Megabac-S)

Jika nyilet sudah parah bahkan bisa sampai membuat burung anda mati, obat ini cukup efektif dan cepat memulihkan kondisi burung. harganya berkisar Rp 1.800.000

Baca juga 10 Cara Mengatasi Bulu Rontok Pada Lovebird

4. Combantrine

Obat cacing ini umumnya dikonsumsi oleh manusia tapi memberi efek yang sama pada burung. jika lovebird anda mengalami cacingan, anda bisa memberikan combantrine dan dalam beberapa jam cacing akan keluar.

Pemberian obat di atas perlu dibarengi dengan pemberian vitamin dan mineral agar penyerapan makanan dan obat bisa maksimal. Jika anda ingin menggunakan obat-obatan alami, berikut beberapa herbal yang dapat anda gunakan ketika lovebird nyilet;

Jagung Muda dan Kangkung

Penyebab nyilet bisa jadi karena lovebir kekurangan gizi, lovebird yang kurang gizi biasanya hanya diam dibawah sambil memilih-milih makanan yang jatuh didasar sangkar. Perilaku ini sering terjadi karena kemungkinan lovebird hanya diberi pakan milet putih saja setiap hari tanpa pemberian ekstra fooding. Selain milet putih sebaiknya diberi exstra fooding juga berupa jagung muda dan juga kangkung. Pemberian jagung pada lovebird ditujukan agar burung mendapatkan tambahan nutrisi agar burung tidak kurus dan nyilet. Pemberian vitamin yang dicampur pada minuman juga dapat memperkuat kekebalan tubuh dari serangan penyakit.

Baca juga Manfaat Utama Daun caisim Untuk Lovebird


Bawang putih

Bawang putih kaya akan sulfur dan kalium (potasium), serta bisa membunuh jamur, bakteri dan parasit dalam usus. Satu siung bawang putih segar bisa dilarutkan dalam air secukupnya, lalu diberikan kepada lovebird. Bawang putih cukup efektif untuk menyembuhkan lovebird dari cacingan.
Selain beberapa jenis obat diatas, anda juga harus memperhatikan kebersihan kandang dan lingkungan lovebird agar tidak terjangkit penyakit yang lebih mematikan. Dan perlu anda garis bawahi bahwa nyilet kebanyakan disebabkan oleh stres, bisa karena lingkungan atau perawatan anda pada lovebird yang salah.

Demikian informasi semoga bermanfaat. Dan terimakasih

Baca juga 13 Cara Ampuh Lovebird Konslet Ngekek Super Panjang



sumber 

Belum ada Komentar untuk "4 Obat Untuk Mengatasi Lovebird Nyilet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel